Komisi I DPRD Selayar Tinjau Gedung Sentra IKM di Desa Bontosunggu

 Sekretariat DPRD - Selasa, 13 Jun 2023 12:50:09    Dilihat 333x
.

Sekretariat DPRD Selayar - Komisi I DPRD Kepulauan Selayar didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan Hj.Andi Ros Irma, melakukan peninjauan Gedung Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang terletak di Desa Bontosunggu, Kecamatan Bontoharu, hari ini Selasa (13/06)

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Andi Mahmud, bersama Wakil Ketua Komisi Tanri Bangun, Sekretaris Komisi Muh. Anas Ali, dan Anggota Komisi Devi Zulkifli dan Hj. Eni Sutiono, serta didampingi oleh Sekretaris DPRD Masdar J Pratama dan Camat Bontoharu Andi Batara Gau.

Sekretaris Komisi I Muh. Anas Ali mengungkapkan bahwa Gedung Sentra IKM (Pengelolaan Ikan) tersebut dibangun pada Tahun 2022 lalu, dengan Anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai 6 Milyar rupiah.

” Bangunan ini dikerjakan tahun lalu dengan anggaran 6 M melalui DAK, sementara Peralatannya itu sudah diadakan sejak Tahun 2019 dan masih disimpan di Kantor Desa Bontosunggu yang hingga saat ini belum dimanfaatkan” ungkap Anas.

Dalam berita acara Pemeriksaan dari Panitia Pemeriksa Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan, pada saat proses pengadaan ditemukan beberapa barang tidak sesuai spesifikasi.

Adapun hasil Pemeriksaan Tim pemeriksa Barang yang diadakan oleh CV. Bintang Nusantara sebagaimana tertuang dalam berita acara Nomor: 0042/BAPB-PPHP/ 12.81/X/2019/Disperindagkum tertanggal 21 Oktober 2019 sbb:

  • Mesin Pencacah/Pencabik (Mixer) , Spesifikasi tidak sesuai, mesin penggerak GX 200.
  • Mesin Spinner, Penutup rusak (Penyot), Dimensi 27x57x65.
  • Mesin Penggorengan, Freezer dan Mesin Genset (Sesuai Spesifikasi)
  • Mesin dan Peralatan Kemasan, tidak sesuai spesifikasi.
  • Mesin Pengepungan Ikan, Bahan Material Stainless Berkarat Dimensi, 100bx 70 x110 CM

Berdasarkan hasil kunjungan hari ini, Komisi I DPRD Kepulauan Selayar berharap agar Bangunan dan Peralatan yang telah menelan biaya yang cukup besar tersebut dapat segera difungsikan dan kehadirannya dapat bermanfaat bagi Masyarakat.

” Komisi I berharap supaya bantuan peralatan yang ada sejak 2019 dan bangunan ini difungsikan untuk masyarakat ” kunci Muh. Anas Ali.

Menanggapi hasil Kunjungan dan harapan Komisi I DPRD Kepulauan Selayar, Kepala Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan Hj. Andi Ros Irma menyampaikan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti hal tersebut dan telah menyiapkan 10 Kelompok untuk pemanfaatannya.

“Sangat berharap gedung dan peralatan yang telah ada agar segera dimanfaatkan, Sesuai peruntukannya. Gedung dan peralatan ini akan dimanfaatkan oleh kelompok pengelola ikan yang sudah dibentuk sebanyak 10 Kelompok, Insha Allah dalam waktu dekat peralatan yang sudah ada sejak tahun 2019 akan segera dipindahkan dari Aula kantor desa ke gedung sentra IKM” kata Andi Ros Irma. Ia juga menyampaikan akan melaksanakan Pelatihan bagi kelompok yang akan menggunakan peralatan di Gedung tersebut.

SHARE

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment