Senin, 05 Agustus 2019 09:29

Bupati Kepulauan Selayar & Ketua DPRD terima aspirasi APN

aspirasi

                                                            (Foto : Ahmal)

dprdkepulauanselayarkab - DPRD Kepulauan Selayar menerima aspirasi dari puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Peduli Nelayan Desa Nyiur Indah Kecamatan Taka Bonerate, Senin (5/08/2019).

Massa yang awalnya menggelar orasi di depan kantor Bupati dan kantor DPRD Kepulauan Selayar ini kemudian diterima oleh Ketua DPRD Kepulauan Selayar Mappatunru, S,Pd di dampingi oleh Anggota komisi I H. Andi Idris, S.Sos, M. Anas Kasman Ali, S.H., Sekretaris DPRD Andi Aswar, S.H.,M.H. dan dihadiri langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar, H. M. Basli Ali di Ruang rapat DPRD lantai II.

Dalam tuntutannya Aliansi Peduli Nelayan ini meminta Pemerintah agar mengembalikan kompresor yang telah disita oleh Balai Taman Nasional Takabonerate, dan memberikan toleransi kepada nelayan untuk menggunakan alat selam sebelum pemerintah memberikan bantuan peralatan selam yang memadai.

Menanggapi Tuntuntan tersebut Bupati Kepulauan Selayar menyampaikan dengan tegas tentang pelarangan kompresor sebagai alat bantu selam sebagaimana diatur dalam pasal 9 ayat (1) undang-undang nomor 45 tahun 2009, namun demikian Bupati Kepulauan Selayar berjanji akan memberikan bantuan nelayan pada anggaran pokok 2020 berupa alat selam yang ramah lingkungan serta tidak membahayakan penggunanya.

Sementara itu terkait kompresor yang disita oleh Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Bupati menyerahkan sepenuhnya kepada Pihak BTN Taka Bonerate dan tidak dapat mengintervensi kewenangan Pihak BTN Taka Bonerate.

Bupati Kepulauan Selayar dan DPRD akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak pihak terkait serta membuka ruang bagi APN untuk melakukan audience setelah rapat aspirasi ini. (viska)

Baca 103 kali

Tinggalkan komentar

Pastikan informasi yang bertanda (*) telah diisi. Kode HTML tidak diizinkan.

Profil Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar