Komisi

Komisi merupakan alat kelengkapan DPRD yang bersifat tetap dan dibentuk oleh DPRD pada awal masa jabatan keanggotaan DPRD, Setiap Anggota DPRD kecuali Pimpinan DPRD, wajib menjadi anggota salah satu komisi. Jumlah Anggota setiap komisi diupayakan sama.

Pimpinan komisi terdiri dari ketua, wakil ketua, dan sekretaris yang bersifat kolektif dan kolegial, yang dipilih dari dan oleh anggota komisi dan dilaporkan dalam rapat paripurna. Penempatan Anggota DPRD dalam Komisi dan perpindahannya ke Komisi lain didasarkan atas usul Fraksi dan dapat dilakukan setiap awal tahun anggaran.

Keanggotaan dalam komisi diputuskan dalam Rapat Paripurna DPRD atas Usul Fraksi pada awal Tahun Anggaran. Masa jabatan Ketua, Wakil Ketua, dan Sekretaris Komisi ditetapkan paling lama 2½ (dua setengah) Tahun.

Anggota DPRD pengganti antar waktu menduduki tempat Anggota Komisi yang digantikan.

Komisi mempunyai tugas :

  1. mengupayakan terlaksananya Kewajiban Daerah sesuai dengan Ketentuan Peraturan Perundang-undangan;
  2. melakukan Pembahasan terhadap Rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Keputusan DPRD;
  3. melaksanakan pembahasan pra RAPBD dengan mitra kerja yang selanjutnya hasil pembahasan tersebut disampaikan kepada badan anggaran.
  4. Melakukan pembahasan penjabaran RAPBD Pokok dan perubahan yang meliputi rencana kerja dan anggaran (RKA) dan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA), hasil pembahasan tersebut dituangkan dalam bentuk berita acara dan risalah rapat yang ditanda tangani oleh pimpinan dan anggota komisi bersama dengan pimpinan SKPD mitra kerja.
  5. Melakukan pembahasan dan pengkajian terhadap rencana kerjasama pemerintah daerah dengan daerah lain atau dengan pihak ketiga yang membebani masyarakat dan daerah sebelum DPRD memberikan persetujuan.
  6. melakukan Pengawasan terhadap Pelaksanaan Peraturan Daerah dan APBD sesuai dengan ruang lingkup tugas komisi.
  7. membantu Pimpinan DPRD untuk mengupayakan penyelesaian masalah yang disampaikan oleh Bupati dan/atau masyarakat kepada DPRD.
  8. menerima, menampung dan membahas serta menindaklanjuti aspirasi masyarakat.
  9. memperhatikan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah.
  10. melakukan kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD.
  11. mengadakan rapat kerja dan rapat dengar pendapat.
  12. mengajukan usul kepada Pimpinan DPRD yang termasuk dalam ruang lingkup bidang tugas masing-masing komisi. dan
  13. memberikan laporan tertulis Kepada Pimpinan DPRD tentang hasil pelaksanaan tugas komisi.

Selasa, 08 Maret 2016 14:08

Komisi III

Komisi III DPRD Komisi III meliputi Bidang Pembangunan dan Keuangan, Yaitu : Dinas Perisndustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM; Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang; Dinas Perhubungan; Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman; Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah; Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah; Badan Penanggulangan Bencana Daerah; KEANGGOTAAN…
Selasa, 08 Maret 2016 14:05

Komisi II

Komisi II DPRD Komisi II meliputi Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Ekonomi yaitu : Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan; Dinas Kelautan dan Perikanan; Dinas Pendidikan dan Kebudayaan; Dinas Kesehatan; Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana; Dinas Sosial; Dinas Perpustakaan dan Kearsipan; Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan; Dinas…
Selasa, 08 Maret 2016 14:04

Komisi I

Komisi I DPRD Komisi I meliputi Bidang Pemerintahan Umum dan Hukum yaitu : Sekretariat Daerah; Sekretariat DPRD; Inspektorat; Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; Dinas Penanaman Modal, Pelayanan terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja; Dinas Kepariwisataan; Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa; Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah; Badan Kesatuan Bangsa dan…